S.A.L.A.M

Selamat datang buat anda yang mengunjungi blog ini,
Segala informasi dalam blog ini merupakan bantuan dari buku-buku, majalah, dan lain-lain
Semoga blog ini bermanfaat bagi anda ^^.


Minggu, 03 Juni 2012

Sakramen


SAKRAMEN Dalam Gereja Katolik

1. Sakramen Permandian atau Baptis (Pertama dan Utama)
Pertama artinya orang belum bisa menerima sakramen lainnya sebelum  dibaptis.. Utama  artinya menandakan seseorang menjadi anggota Umat Allah Baptis artinya 'ditenggelamkan'. Maka orang yg dibaptis artinya ditenggelamkan dalam kehidupan Yesus. Sarana yang dipakai adalah air.

2. Sakramen Ekaristi atau Komuni.
Dalam Sakramen Ekaristi kita bersatu  dengan Allah dan dipersatukan dengan sesama anggota Gereja lainnya karena   kita menerima Tuhan yang satu dan sama. Sarana yang dipakai adalah Roti tak beragi dan anggur.

3.    Sakramen Krisma atau penguatan.
Krisma, Kristus, Mesias, Yang terurapi. Disebut Sakramen Krisma karena kita menerima pengurapan minyak Krisma.   Penguatan, artinya kita diteguhkan, menjadi kuat dalam iman, dewasa, atau  Sakramen yang menguatkan. Bersama Tuhan dalam Roh Kudus kita menjadi  anggota Gereja yang dewasa dan berani mewartakan Kabar Gembira kepada  semua orang. Sarana yang dipakai 'Minyak Krisma'

4.    Sakramen Pengakuan dosa atau Pengampunan Dosa.
Dewasa ini lebih dikenal sebagai Sakramen Pengampuan Dosa. Jadi bukan karena kita 'mengaku' dosa  lalu Tuhan mengampuni, melainkan karena kemurahan Tuhan kita diampuni. Jadi kalau kita datang kepada pastor bukan akan 'mengaku' dosa tetapi  'menerima' pengampunan. Tanda yang dipakai Absolusi.

5.    Sakramen Perkawinan.
Seorang pria menjadi tanda kehadiran Tuhan bagi  wanita atau seorang suami menjadi tanda kehadiran Tuhan bagi istri. Maka  suami mencintai istri sebagai mana Tuhan mencintai umatnya demikian juga  istri mencintai suami sebagaimana mencintai Tuhan. Dalam suka dan duka,   dalam untung dan malang, dalam sehat dan sakit, now and for ever. Tanda:  Suami bagi istri dan istri bagi suami. Maka yang menerimakan Sakramen   Perkawinan adalah pasangan suami istri itu sendiri dan Pastor serta umat  menjadi saksi.

6.    Sakramen Imamat.
Imamat, Imam. Sampai saat ini yang boleh menirima  sakramen Imamat dalam Gereja Katolik adalah seorang laki-laki. Orang yang  menerima Sakramen Imamat berarti mengambil bagian secara khusus dalam  tugam Imamat Yesus Kristus. Tanda yang dipakai: Penumpangan tangan   (pencurahan).

7.    Sakramen Perminyakan orang sakit atau Pengurapan orang sakit.
Sakramen yang diberikan pada saat seseorang dalam keadaan sakit atau dalam usia  lanjut sebagai bentuk kasih Tuhan yang abadi. Tuhan tidak pernah meninggalkan manusia sekalipun ia sakit atau lanjut. Maka Sakramen Perminyakan menandakan kesiapan hidup bahagia bersama Sang Sumber Hidup Sejati yaitu Tuhan. Tanda yang dipakai: Minyak.

            Dari ketujuh sakramen tersebut, tiga diantaranya hanya boleh diterima satu kali yaitu: S Permandian, S Penguatan, dan S Imamat. Sakramen-sakramen lain boleh diterima lebih dari satu kali. Maka dalam kerjasama antara Gereja Kristen (PGI) dengan Gereja Katolik ada kesepakatan, jika seorang Kristen pindah ke Katolik tidak perlu dibaptis ulang melainkan hanya mendapat peneguhan sebagai anggota Gereja Katolik demikian sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar