S.A.L.A.M

Selamat datang buat anda yang mengunjungi blog ini,
Segala informasi dalam blog ini merupakan bantuan dari buku-buku, majalah, dan lain-lain
Semoga blog ini bermanfaat bagi anda ^^.


Sabtu, 02 Juni 2012

Konstruksi Rumah Kayu


Studi Pengembangan Konstruksi Rumah Kayu Sistem Bongkar Pasang
Berdasarkan Konsep Struktur Kayu Tradisional Sumatera Selatan


Dalam jurnal ini dibahas mengenai rumah yang terbuat dari kayu dengan system bongkar pasang di daerah Sumatera Selatan.  Permukiman lama di Sumatera Selatan umumnya berupa rumah kayu dengan berbagai tipe. Lokasi permukiman rumah kayu tersebut terletak di tepi sungai, dataran rendah, dataran tinggi maupun di badan sungai. Rumah tradisional dari kayu pada umumnya dapat dibongkar dan dipasang ditempat lain dengan relatif mudah. Konstruksi yang dipakai dapat diklasifikasikan sebagai sistem koncian (interlocking system) yang berupa takik, tekan, tumpu, kait dan tari. Dalam pembuatan rumah ini biasanya dilakukan sendiri oleh pembuatnya sehingga pembeli harus mengeluarkan mengeluarkan biaya transportasi dan akomodasi ekstra untuk pemasangan kembali rumah tersebut di lokasi yang diinginkan. Pembeli yang merupakan orang awam tidak mengerti masalah teknis pemasangan sehingga mengalami kesulitan untuk memasang/merakit rumah kayu karena tidak dilengkapi dengan gambar teknis pemasangan.
Penelitian ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Sriwijaya Fakultas Teknik Sipil. Rumah yang diamati terdapat pada daerah Tanjung Batu dan Tanjung Lubuk. Struktur rumah kayu memakai sistem tradisional yang meliputi lantai, dinding, kolom dan balok sedangkan untuk rangka atap tidak sepenuhnya memakai struktur tradisional. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menyederhanakan konstruksi rangka atap serta mempergunakan dimensi kayu yang lebih kecil. Analisis yang dilakukan meliputi struktur kayu tradisional, detail konstruksi, sistem kayu bongkar pasang, modul bahan dan struktur serta sistematika konstruksi dan pemasangan. Dengan demikian, sistem pen dan lubang serta sistem tekan, tarik, jepit, tumpu dan takik menjadi perhatian utama. 
Rumah kayu bongkar pasang direncanakan secara sederhana karena yang lebih diutamakan adalah pembuatan detail sambungan dan penggunaan alat sambung dari besi selain menerapkan sistem kuncian Rumah kayu sistem bongkar pasang berdasarkan pada konstruksi rumah kayu secara tradisional, mudah dibongkar dan dipasang serta tidak memakai paku sebagai alat sambungnya. Sistem tersebut agak berbeda dengan kontruksi rumah kayu produksi Tanjung Batu. Panjang kayu yang dipergunakan tidak lebih dari 4 meter, sehingga bila diperlukan panjang lebih dari 4 meter kayu harus disambung. Kayu yang digunakan dari jenis Kulim (Scorodocarpus torneensis Becc), Merawan      (Hopea dasyrrachis V.SI), dan Meranti Payo (Shorea palembanica Miq). Kulim digunakan untuk tiang utama yang terletak di sudut-sudut dan Meranti Payo untuk lantai dan dinding, sedangkan Merawan dipakai untuk daun pintu dan jendela.
Penelitian ini tidak mengunakan paku sebagai alat sambungan kayu. Sebagai penggantinya adalah sambungan kayu tradisional berupa pasak untuk pintu dan jendela serta sambungan lainnya berupa baut, mur dan pelat besi. Karena sifat dari rumah kayu ini adalah bongkar pasang, maka tidak digunakan bahan penyambung berupa perekat atau lem kayu. Rumah kayu dalam penelitian ini terdiri dari beberapa segmen yang masing-masing mempunyai ukuran, dimensi dan tipe sambungan yang sama dan yang berbeda. Hal ini akan dapat menyulitkan bagi pemasang atau calon pembeli yang awam terhadap struktur kayu. Untuk mempermudah pemasangan bagi rumah kayu sistem bongkar pasang diperlukan adanya gambar pedoman, sistem warna dan sistem abjad serta sistem angka. Sistem konstruksi tradisional rumah kayu masih relevan dan mempunyai banyak kelebihan dibandingkan pembuatan rumah kayu yang menekankan pada penggunaan paku. Kelebihan tersebut diantaranya adalah mudah dibongkar dan dipasang tanpa merusak struktur dan tekstur kayu.
Rumah sistem bongkar pasang ini baik dilakukan di Indonesia karena kita langsung dapat melihat secara langsung bangunan seperti apa yang akan kita beli baik jenis kayu, ukuran, bentuk, dan lain-lain. Selain itu model yang tersedia sangat beragam sesuai dengan permintaan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar